Apa Itu Domain dan Fungsinya untuk Website [1985 – 2020] ?

Mengenal Apa Itu Domain dan Fungsinya untuk Website – Banyak dari teman saya yang belum terlalu paham mengenai Domain. Padahal mereka sehari – hari ketika searching di google secara tidak langsung mengetahuinya. Secara garis besar domain di artikan sebagai alamat website.

Kita ambil contoh domain Heripedia.com , Nah Heripedia merupakan sebuah nama website dan com merupakan ekstensi domain TLD. Untuk kamu yang ingin membuat website, kamu bisa bebas menentukan nama domain yang ingin digunakan dan bebas menempatkan di server manapun.

Apa Itu Domain ?

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server di sebuah jaringan internet tanpa harus menggunakan IP (internet protocol), Karena alamat IP berupa nomor – nomor yang amat sulit dihafalkan.

Dengan menggunakan nama domain maka, orang atau pengunjung akan mudah menemukan websitemu. Oleh karena itu pengunaan nama domain yang mudah di ingat sangat di rekomendasikan.

Apalagi jika nama domain tersebut mudah diingat pasti orang yang ingin mencari informasi misalnya akan langsung mengunjungi website tujuan. Tanpa harus mengetikan pertanyaan terlebih dahulu ke mesin pencari google.

Sejarah Domain

Domain pertama kali digunakan pada tahun 1985 oleh sebuah perusahaan asal Amerika serikat bernama Symbolics.com , dari tahun tersebuat hanya ada sekitar 6 domain saja yang terdaftar. Jika kita bandingkan dengan tahun ini pasti akan beribu kali lipat banyaknya. karena sekarang hampir setiap jasa atau produk menggunakan website sebagai media untuk memasarkannya.

Oleh karena itu domain merupakan hal utama yang menandai produk dan jasa kalian agar mudah dikenal.

Macam – macam Domain

Nah sebelum kamu melangkah lebih jauh dan membuat sebuah website, Alangkah baiknya kamu mengetahui jenis – jenis domain yang ada di dunia saat ini. Setidaknya ada 3 jenis yang akan saya bahasa dibawah ini antara lain Top Level Domain atau TLD, Second level domain, dan Third level domain.

Begini penjelasan lengkap ketiga macam domain diatas :

  1. Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain (TLD) ialah sebuah ekstensi nama domain yang paling populer dan terbaik hingga saat ini. Kenapa mereka disebut TLD ya mereka mempunyai akhiran seperti .com , .net, .my.id, dan masih banyak lagi.

TLD sendiri dibagi menjadi beberapa kategori biasanya website yang menggunakan akhiran .com merupakan sebuah webiste komersil. Kemudian jika mereka menggunakan domain .net maka mereka merupakan sebuah web yang berisi jaringan dan sebagainya. Lain halnya TLD .edu , Biasanya mereka digunakan oleh website yang mengulas mengenai edukasi dan pembelajaran.

2. Second level domin (TLD)

SLD merupakan sebuah nama domain yang bisa didaftarkan. Kita ambil contoh heripedia.com , heripedia merupakan sebuah SLD. Secara garis besar SLD merupakan nama Website mu. Ketika kamu menggunakan SLD maka websitemu akan lebih terlihat profesional.

3. Third Level domain (3LD)

Third Level domain biasa disebut sebagai Subdomain, mereka memiliki posisi paling depan di dalam url. Kita ambil contoh misalkan website saya mempunyai 3LD maka akan menjadi seperti ini https://blog.heripedia.com , Yang saya blok tebal itu yang disebut subdomain atau Third Level domain.

Apakah nama subdomain boleh bebas ? Iya boleh, Subdomain bisa kamu namai secara bebas dan itu semua ada ditangan mu. Sub domain tidak bisa dibeli namun bisa didaftarkan oleh anda.

Fungsi Domain bagi Website

Domain memiliki fungsi sebagai alat identifikasi sebuah web hosting. Dengan itu anda tidak perlu repot – repot mengecek alamat IP jika ingin mengakses website yang anda tuju. Jika kamu sudah tahu nama websitenya maka langsung saja ketikan di mesin pencari atau bisa mengunjungi via url langsung.

Intinya sebuah nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk mengakses website yang dituju, dan sebagai media branding agar mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Cara Membeli Domain Murah

Untuk kamu yang sudah sedikit memahami penjelasan diatas, Silahkan lanjut ke tahap yang lebih serius lagi. Untuk yang sudah ingin benar – benar membuat website. Silahkan belilah sebuah nama domain yang gampang diingat dan mewakili brand atau nama anda pribadi, bebas ingin domain model apa, Kami rekomendasikan TLD atau SLD.

Berikut ini saya berikan Tips membeli domain di salah satu Penyedia yang menjual berbagai ekstensi berkualitas :

  1. Pilih registrar domain tepercaya (misalnya, Hostinger).
  2. Cek nama domain yang diinginkan dengan fitur cek domain.
  3. Cari nama domain yang kamu inginkan.
  4. Pilih salah satu nama domain yang menurut kamu cocok.
  5. Selesaikan pemesanan dan Silahkan lengkapi registrasi domain tersebut
  6. Langkah terakhir ialah proses verifikasi kepemilikan domain kamu tadi (biasanya akan dikirimkan email dari pihak penyedian domain tadi)

Biasanya Proses Verifikasi domain dari awal beli hingga bisa digunakan dan bisa di akses kurang kebih membutuhkan waktu 1×24 jam. Namun terkadang juga bisa kebih cepat dan lebih lama.

Kesimpulan

Lalu apa itu domain ?

Jadi domain merupakan sebuah alamat situs yang bisa mengantarkan kita ke website yang kita tuju. Ekstensi domain terbagi menjadi 3 jenis yaitu TLD, SLD, dan Subdomain (3LD). Fungsi domain untuk mempermudah pengunjung dalam mencari website kita.

Mungkin itulah sedikit Informasi mengenai Apa itu domain dan fungsinya bagi sebuah website. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dan silahkan komentar dikolom dibawah untuk kamu yang belum paham.

Tinggalkan komentar