Asus VivoBook 14 A416, Laptop Kelas Entry dengan Harga Mulai 4 Jutaan

Ingin punya laptop murah berbekal prosesor Intel Core i-Series? Laptop Asus VivoBook 14 A416 bisa menjadi pilihan Anda. Berikut review spesifikasi dan harganya.

Laptop dari lini Asus VivoBook Series, tampaknya menjadi produk yang terus dikembangkan. Seperti varian Asus VivoBook 14 A416 yang baru saja hadir di akhir tahun 2020 lalu.

Perangkat garapan pabrik asal Taiwan ini tentu bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Kenapa demikian?

Karena laptop buatan Asus ini telah dirancang dan disesuaikan untuk menjamin kebutuhan para karyawan kantor dengan kebutuhan multitasking laptop yang tinggi.

Apalagi, harganya juga dikabarkan relatif sangat murah jika disandingkan dengan tingkat kemampuan bekalan spesifikasinya

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja keunggulan dari laptop keluaran Asus ini, berikut ini akan disampaikan informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga laptop Asus ini.

Spesifikasi Asus VivoBook 14 A416

Asus VivoBook 14 A416

Hadir sebagai laptop yang ditujukan untuk menunjang produktivitas sehari-hari, Asus telah menyematkan fitur dan juga komponen berkinerja handal. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Desain Simple dan Slim dengan Tampilan Visual Layar FHD

Dari segi tampilan luarnya, laptop Asus ini memiliki konsep yang dirancang sekaligus disesuaikan untuk memudahkan fleksibilitas tinggi.

Melihat dari segi bobotnya, laptop ini memiliki berat 1.6 kg serta memiliki tingkat ketebalan mencapai 19.9 mm yang membuat bezel pada layar VivoBook Series terbaru ini semakin tampak slim.

Sehingga, laptop ini pun sangat fleksibel mengingat akan dengan mudah dibawa bepergian. Ini tentu akan sangat mendukung kebutuhan para pengguna dengan mobilitas tinggi.

Layarnya sendiri memiliki dimensional seluas 14 inch LED-backlit Full HD dengan dukungan pelapis anti-glare untuk menambah kesan visual gambar maupun video kualitas FHD lebih imersif yang tak menyilaukan mata.

Menariknya, rasio layar ke bodinya pun cukup tinggi dengan persentase hingga 82%.

Maka, tak heran jika tampilan visual pada layarnya menjadi jauh lebih atraktif dan terkesan lebar.

Selain itu, layar laptop Asus ini juga telah dibekali teknologi Nano Edge yang akan sanggup memberikan tampilan sudut pandang secara lebih luas hingga 178 derajat.

Teknologi tersebut tentunya akan sangat mendukung aktivitas pengguna dalam menikmati berbagai konten multimedia.

  1. Performa Bertenaga dengan Prosesor Intel Core i-Series

Tak hanya soal tampilan layarnya, perangkat Asus VivoBook Series ini juga akan sanggup menjamin kinerja secara lebih agresif dan bertenaga.

Bukan tanpa alasan mengingat Asus akan membenamkan beberapa komponen generasi terbaru.

ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terbaru saat ini.

Seperti penggunaan prosesor Intel Core i5 pada varian tertingginya yang mana sanggup menjamin kecepatan proses pemrograman hingga 3.6 GHz. 

Tentu saja, dengan kemampuan prosesornya tersebut maka akan membuat laptop Asus VivoBook 14 A416 ini semakin handal dalam menjalankan program.

Sementara itu, dengan sistem operasi Windows 10 Home, semua kinerja dari hardware akan terintegrasi dan saling mendukung dalam satu mekanisme kerja yang terkontrol

Tidak lupa juga, RAM 4GB DDR4 sebagai ruang simpan sistem sementara turut dihadirkan pada laptop ini. Sehingga, akan membuat kinerja multitasking pada perangkat ini menjadi semakin responsif dan agresif.

Memori ruang simpannya juga cukup memadai dengan kapasitas hingga 1 TB SATA HDD.

Tak hanya itu, sistem grafisnya juga sudah terintegrasi dengan GPU Intel HD Graphics dengan tingkat olah grafik gambar Full HD nan begitu tinggi.

Bahkan, pada beberapa varian, Asus sendiri juga telah menyematkan GPU NVIDIA GeForce MX330 sebagai komponen olah grafis handal guna mendongkrak performa grafis ekstra.

Sudah barang tentu, hadirnya  NVIDIA GeForce MX 330 pada laptop tersebut sangat mendukung berjalannya beberapa aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra.

Sebut saja seperti game, video editing, aplikasi edit foto, dan beberapa aplikasi lain yang berkaitan dengan grafis.

  1. Fitur Lengkap dan Fungsional

Dibekali performa nan mumpuni, tentu saja laptop varian Asus VivoBook 14 A416 ini juga turut hadir dengan berbagai fitur lain. Seperti fitur konektivitas.

Dirancang untuk mendukung mobilitas tinggi, laptop ini akan disokong oleh beberapa sistem konektivitas yang memiliki tingkat fungsionalitas tinggi.

Antara lain seperti lubang USB Type C HDMI, libang audio jack yang tentunya siap menjamin kebutuhan atau aktivitas para pengguna.

Lalu, dalam soal konektivitas nirkabelnya, Asus telah mengusung beberapa komponen canggih. Seperti WiFi konektor sebagai komponen untuk menjamin atau mempermudah aktivitas ketika tengah berselancar di dunia maya.

Kemudian untuk fitur lain yang tak kalah canggihnya adalah penggunaan fitur berteknologi E-A-R HDD Protection yang tak lain merupakan salah satu fitur perlindungan hardware.

Teknologi ini sangat handal dalam meminimalisir getaran saat perangkat bergoncang. Sehingga, komponen hardware HDD yang berada di dalam pun menjadi lebih aman.

Lalu, sebagai salah satu upaya dalam menjamin keamanan premium maka perangkat Asus VivoBook 14 A416 ini telah didukung oleh fitur pemindai sidik jari.

Dimana, teknologi sensor fingerprint pada laptop Asus tersebut akan menggunakan sistem biometrik yang lebih aman dan nyaman dalam penggunaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Asus VivoBook 14 A416

Asus VivoBook 14 A416

Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan diuraikan kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki laptop Asus VivoBook Series terbaru ini.

  1. Kelebihan
  • Desain body slim dan ringkas dengan layar atraktif 14 inch FHD dan memiliki tingkat rasio 82%.
  • Kinerja lebih gahar namun efisien berkat dukungan prosesor Core i5 dengan kecepatan mencapai 3.6Ghz.
  • Grafik lebih terjamin ketajaman karena dukungan GPU NVIDIA GeForce MX330.
  • Kapasitas RAM bisa masih bisa diekspansi hingga 12 GB
  • Dilengkapi program Windows Microsoft Office Pre-Installed.
  • Fitur konektivitas lengkap mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan lubang audio.
  1. Kekurangan
  • Kapasitas RAM bawaan masih standar, kemungkinan akan sedikit lambat untuk menjalankan beberapa program atau game berat.
  • Kamera depan masih berkualitas VGA Web.
  • Warna kurang variatif karena hanya tersedia dua pilihan saja

Harga Laptop Asus VivoBook 14 A416

Mengenai soal banderol, harga Asus VivoBook 14 A416 variatif mengingat ada beberapa tipe yang diluncurkan.

Asus telah menawarkan 3 tipe yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan penggunaannya.

Untuk tipe varian dengan prosesor Celeron N4020 dipatok mulai dari Rp 4.799.000. Sedangkan, tipe dengan prosesor Core i3 harganya Rp 6.699.000 hingga Rp 7.099.000.

Nah, pada varian tertingginya yang mengusung sistem prosesor Core i5, harga laptop Asus untuk tipe ini dikabarkan mencapai angka Rp 8.399.000.

Dari informasi di atas, tentu saja Anda bisa memilih mana tipe yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Dan, sudah barang tentu harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Di sisi lain, dengan adanya beberapa tipe yang ditawarkan oleh produsen asal Taiwan tersebut, calon pembeli akan memiliki banyak pilihan.

Bahkan, dengan kisaran harga yang relatif cukup sepadan dengan speknya, sudah barang tentu laptop ini akan banyak diburu oleh konsumen dari berbagai kalangan.

Nah, dari berbagai informasi mengenai Asus VivoBook 14 A416 di atas, tipe mana yang sesuai dengan keperluan Anda?

Satu pemikiran pada “Asus VivoBook 14 A416, Laptop Kelas Entry dengan Harga Mulai 4 Jutaan”

Tinggalkan komentar