2+ Cara Instal WordPress untuk Membuat Website

Cara Instal WordPress untuk Membuat Website – Build sebuah website sekarang tidak terlalu sulit. Berkat adanya CMS yang siap membantu kita dalam pembuatan sebuah situs. CMS sendiri sudah banyak kita temui di dunia, kurang lebih ada 8 content management system yang sangat populer. Untuk kamu yang kepo dengan cms bisa membaca secara lengkap di Panduan Lengkap Apa itu CMS <- .

Salah satu CMS terbaik yang sekarang saya gunakan juga dalam pembuatan website Heripedia ialah CMS WordPress.

Dengan menggunakan WordPress kita bisa dengan mudah membuat sebuah website tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman yang super ribet. Di WordPress sendiri kita akan dibantu oleh beberapa plugin yang sudah tersedia di sana.

Oke, Dipostingan ini Saya akan memberikan 2 metode pembuatan wordpress yang bisa kamu gunakan sebagai panduan. Yang pertama akan saya gunakan metode menggunakan Cpanel dan yang kedua ialah Instal wordpress di localhost.

Dua metode ini seringkali banyak dicari Tutorialnya oleh para pemula, dan kenapa saya buat artikel ini. Pertama ini merupakan salah satu tugas dari matakuliah Konten Manajemen Sistem yang sekarang saya tempuh.

Namun selain itu saya juga seneng untuk berbagi ilmu, karena ilmu yang baik itu jika kita bagikan maka kita akan mendapatkan berkah.

Untuk menginstal wordpress sendiri saya akan menjelaskannya secara rinci agar kamu paham step by stepnya.

Mungkin bagi kamu WordPress merupakan hal yang asing bukan, Pasti kamu berurusan dengan wordpress karena adanya mata kuliah yang mengharuskanmu untuk instal wordpress untuk pembuatan website, Jika benar mari kita lanjut.

Cara Instal WordPress di Cpanel dengan Mudah

Cara Instal WordPress di Cpanel ada 2 cara yang bisa kamu gunakan, Yang pertama kamu bisa melakukannya secara manual dan bisa juga dibantu dengan tools Softaculous. Keduanya akan saya praktekan di artikel ini agar kamu bisa melakukannya juga :

1.1 Cara Instal WordPress di Cpanel secara Manual

Cara instal wordpress secara manual di cpanel merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk build website. Lalu mekanismenya seperti apa, mungkin kurang lebih akan seperti dibawah ini :

Langkah yang pertama yang bisa kamu lakukan ialah Unduh File WordPress di situs resminya, file dalam bentuk ZIP

Selanjutnya kamu buka akun cpanel kamu, lalu cari file manager ->Lalu klik tombol Upload, Pilih File ZIP WordPress yang sudah kamu simpan tadi

Tunggu beberapa saat hingga warna upload menjadi hijau alias berhasil, Kemudian klik tombol dibawah “Go Back to home/”

Kemudian pilih File ZIP WordPress yang sudah terupload di file manager, klik kanan file tersebut lalu Ekstract.

Setelah di ektract file akan terbagi menjadi beberapa bagian, Silahkan pindahkan semua file yang ada di dalam folder WordPress ke Public Html atau halaman muka.

Supaya Website nantinya dapat di akses

Jika semua File sudah berpindah ke Halaman depan Public Html, Kamu bisa menghapus folder WordPress dan File ZIP sebelumnya.

Langkah berikutnya Buat Databases MySQL

Kamu bisa menggunakan MySQL Databases Wizard untuk membuatnya

Nanti kamu perlu mengisi data berupa nama database, username, dan password. Selanjutnya klik Create User

Selesai mengisi semua informasi di atas, kamu perlu memberikan akses ke user kamu dengan memilih ALL PRIVILEGES, Kemudian klik Next Step.

Nah Tahap membuat database di MySQL sudah selesai, Masih lanjut

setalah selesai membuat databases langkah berikutnya ialah menjalankan instalasi wordpress, bagaimana caranya ?

Silahkan buka domain anda di Google

Setelah terbuka nanti akan muncul pilihan bahasa, pilih bahasa yang ingin kamu gunakan di website nanti

Kemudian pilih Let’s go untuk melajutkan, Silahkan isi databases MySQL yang sudah kamu buat tadi.

Nantinya kamu akan di wajibkan mengisi beberapa data sebagai berikut nama database, username, password, database host,serta table prefix.

Jika tidak ada error sedikitpun silahkan lanjut dengan klik Run to Install

Lalu langkah berikutnya ialah mengisi data berupa Informasi website dan administrator

  • Site Title: Judul situs
  • Username: Username admin
  • Password: Password admin
  • Your Email: Alamat email admin

Pada bagian Search Engine Visibility jangan di centang ya, kalau kamu centang maka websitemu tidak bisa di akses di Google atau mesin pencari.

Langkah terakhir silahkan Login ke Admin website anda. Biasanya login admin seperti ini https://namawebsite.com/wp-admin

Kemudian masukan username dan password pada langkah sebelumnya untuk bisa masuk ke dasbor wordpress kamu.

Selesai, mungkin cara diatas sangat ribet sekali bagi kamu yang baru pertama kali tau cara instal wordpress. Oke masih semangat, Ayo kita lanjut ke materi berikutnya yaitu cara instal wordpress via softaculous.

1.2 Cara Instal WordPress menggunakan Softaculous

Langkah ini bisa kamu gunakan sebagai panduan cara instal wordpress paling simple dan gampang, karena hanya perlu sekali klik saja kamu akan mendapatkan website yang langsung jadi tanpa ribet atur ini itu.

Begini langkah – langkahnya :

  • Langkah pertama silahkan masuk ke halaman cpanelmu
  • kemudian Gulir kebawah hingga menemui menu Softaculous atau kadang muncul dengan nama Autoinstaller
  • kemudian klik Softaculous -> lalu pilih WordPress.
  • Nah silahkan isi data – data yang diperlukan berupa nama website, Deskripsi website, Nama email website, Admin username, dan password untuk login nantinya.
  • Biasanya bisa memilih theme website juga nantinya juga akan secara otomatis terpasang
  • jika semuanya sudah terisi, Silahkan klik instal dan tunggu hingga proses 100% selesai
  • jika sudah terinstal, maka nanti akan ada pemberitahuan untuk username dan password untuk login ke halaman admin website. Pastinya kamu harus mengunjungi url berikut https://namawebsite.com/wp-admin agar bisa masuk
  • Coba login dan masukan username dan passwordnya
  • Jika tidak ada masalah berarti proses intstal wordpress via softaculous berhasil
  • Silahkan pergi ke pengaturan dan setting bagian Bahasa, pilih bahasa yang ingin kamu gunakan
  • Pada bagian Search Engine Visibility jangan di centang, alasanya sama seperti langkah sebelumnya. website kamu akan menjadi tersembunyi di mesin pencari

Sebernarnya proses masih sangat panjang untuk mencapai website yang memiliki kualitas bagus dan Performanya ajib. Nanti kedepannya bakal saya buatkan Cara setting WordPress agar website memiliki kinerja yang powerfull di mesin pencari. Apalagi untuk bisa nangkring di halaman satu google pasti diperlukan settingan dan optimasi yang lumayan berat.

Kesimpulan

Menggunakan trik Cara instal wordpress berikut bisa menjadi pilihan yang tepat, karena selain sangat simple. Softaculous tidak akan membuat kamu bingung mengatur ini itu seperti pada metode manual. Kelebihan menggunakan softaculous memang sudah tidak bisa diragukan lagi, selain ringkas dan cepat. Softaculous juga sangat mudah digunakan oleh kamu yang masih pemula.

Semoga artikel mengenai Panduan cara instal wordpress berikut ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Bagikan artikel ini kepada sanak saudara maupun teman mu, Selamat mencoba dan terimakasih sudah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar