Cara Membuat Sitemap Blogger 2020

Cara Membuat Sitemap Blogger Mudah untuk Pemula – Anda yang sedang mendalami dan mengembangkan sebuah blog tentu sering mendengar istilah sitemap. Jika dijelaskan berdasarkan istilahnya, sitemap berfungsi sebagai halaman khusus guna mengumpulkan semua data url yang Anda miliki dalam satu tempat. Selain sebagai halaman khusus, ia juga dapat difungsikan sebagai peta untuk mesin pencari guna melakukan indeks pada url pada postingan yang baru dibuat.


Sitemap ternyata juga bisa difungsikan sebagai salah satu langkah untuk melakukan optimasi SEO pada blog Anda. Dengan sitemap, url yang baru saja dibuat tidak perlu menunggu lama sampai di indeks oleh search engine. Ketika Anda menggunakan sitemap, postingan baru secara otomatis akan masuk ke dalamnya, tanpa perlu melakukan pembaruan. Dengan begitu, Anda bisa fokus mengelola blog dengan terus membuat postingan baru.


Namun, banyak blogger yang ternyata belum mengetahui cara membuat sitemap blogger. Hal tersebut terlihat dengan sedikitnya blog yang menggunakan fitur ini. Padahal untuk mengunakannya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Berikut merupakan langkah mudah membuat sitemap untuk blog Anda.


Cara Membuat Sitemap Blogger yang Mudah dan Cepat

cara membuat sitemap blogger


Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam blog yang Anda miliki, kemudian masuk ke dalam bagian dashboard. Setelahnya, Anda bisa memilih menu Halaman yang terletak di sebelah kiri dashboard. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:


a. Setelah selesai memilih menu Halaman, pilih fitur Halaman Baru pada bagian dalam dashboard blog milik Anda.


b. Pada bagian judul, tuliskan Sitemap. Kemudian pada bagian Compose, Anda pilih HTML. Tuliskan kalimat pendek jika memang diperlukan untuk mengarahkan pembaca blog melihat sitemap. Namun jika Anda tidak ingin menuliskannya, Anda bisa langsung ke langkah selajutnya.


c. Cara membuat sitemap blogger selanjutnya adalah melakukan copy paste kode, berikut merupakan kode yang bisa Anda gunakan untuk membuat sitemap:


<scriptsrc="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="blogspot.blogger/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Pada bagian ‘blogspot.blogger’ Anda bisa menggantinya dengan alamat blog yang Anda kelola.


d. Apabila sudah siap, Anda bisa melakukan publish sitemap tersebut. Namun jika masih ragu, Anda bisa menggunakan fitur pratinjau untuk melihat hasilnya terlebih dahulu.


Kode tersebut akan menghasilkan sitemap dengan model listing, dengan penomoran di tiap postingan baru yang Anda buat. Apabila Anda ingin konsep yang berbeda, Anda bisa menggunakan kode lain. berikut merupakan kode untuk model sitemap yang berbeda:

<div style="background-color: #dde1e3; border: 1px solid #999999; height: 100px; overflow: auto; padding: 10px; width: 100%px;">
<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="blogspot.blogger/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> 
</div>

Sama seperti sebelumnya, pada bagian ‘blogspot.blogger’ Anda harus menggantinya dengan alamat blog yang Anda miliki.

Hasil dari kode sitemap akan membuat tampilannya menjadi lebih dinamis, yakni dengan model kolom dan terdapat tambahan garis scrolling untuk digunakan. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan bentuk dan tema dari blog yang Anda kelola.


Manfaat Sitemap untuk Pengunjung


Selain berguna untuk indeks mesin pencari, ternyata cara membuat sitemap blogger cukup mudah dilakukan. Ketikan Anda memakainya di blog, pengunjung juga bisa mengambil manfaat dari adanya sitemap tersebut. Pengunjung bisa dengan mudah melihat artikel ataupun konten yang telah Anda buat sebelumnya tanpa perlu melihat postingan satu persatu.


Apalagi jika Anda mengelompokkan artikel Anda dalam bentuk label, pencarian artikel akan lebih mudah bagi pengunjung. Selain memudahkan pengunjung, sitemap juga akan membuat pengunjung menelusuri seluruh postingan yang Anda unggah sebelumnya, apalagi jika konten yang Anda buat menarik dan original.


Hal yang perlu Anda ketahui adalah fungsi sitemap dalam mendorong pageview, ia berperan cukup penting. Blogger yang profesional juga merekomendasikan penggunaan sitemap agar bounce rate pada blog yang Anda kelola bisa di minimalisir. Ini akan membuat blog lebih stabil, baik dalam ratea maupun page view-nya.


Demikianlah cara membuat sitemap blogger mudah yang cocok untuk pemula, dimana ia baru saja menggeluti dunia perblog-an. Jangan lupa untuk selalu melakukan postingan terbaru agar mesin pencari selalu memberikan respon yang positif terhadap keberadaan blog Anda. Harapannya informasi ini bisa membantu Anda dalam pembuatan sitemap untuk blogger. Selamat mencoba!

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Sitemap Blogger 2020”

  1. aku baru tau loh mas, caranya gitu dan kayaknya lebih mudah kalau pakai sitemap ya. terimakasih mas informasinya 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar