Cara Setting Yoast SEO

Cara setting Yoast SEO – Plugin merupakan salah satu keunggulan wordpress. Dimana kita bisa bebas menentukan plugin yang kita mau. Seperti halnya plugin SEO satu ini, ya jawabannya Yoast SEO.

Salah satu plugin yang menjadi andalan para blogger hingga praktis SEO ini memiliki banyak keunggulan.

Plugin SEO memang wajib diinstal jika kita ingin website kita tetep eksis di mesin pencarian. Plugin ini memiliki 2 versi yaitu Premium dan gratisan. Untuk versi yang berbayar kalian akan dikenakan tarif sekitar $89.

Namun jika kamu membelinya pasti akan sebanding dengan kualitas yang akan diberikan oleh plugin tersebut.

Jadinya website kamu akan makin powerfull dengan fitur – fitur premium lainnya. Namun disini saya akan lebih fokus ke Plugin Yoast SEO versi Gratisnya.

Pada versi gratis ini kamu tidak akan menikmati fitur – fitur terbaik yoast. Beberapa fitur yoast memang sangat menggiurkan sekali. Seperti halnya tambahan frasa kata kunci dan masih banyak lagi.

Semoga dengan saya memberikan trik cara setting Yoast SEO ini, website kamu akan eksis di google. Namun itu semua kembali lagi ke dalam konten kamu.

Jika konten mu mendukung kaidah penulisan plugin Yoast SEO. Pastinya konten dan website kamu akan memiliki kualitas, Serta peringkat yang baik di mesin pencarian.

Karena menurut saya pribadi konten is King, baru kita berfikir SEO. Intinya anggap saja plugin yoast seo ini hanya pelengkap dimana optimasi konten kamu sudah optimal.

Jadikan saja patokan untuk menulis dengan benar, Karena di plugin yoast sangat menuntun pengguna awam hingga menjadi profesional. Kita bisa diajak untuk menganalisa konten kita sendiri, apakah sudah benar cara penulisnya atau masih salah.

Fitur Yoast SEO terbaru

Untuk kamu yang belum tau Fitur Yoast SEO yang bakalan kita Nikmati nantinya ialah :

  • Kita hanya bisa memasukkan fokus kata kunci sebanyak 1
  • Analisa keterbacaan (fitur unggulan)
  • Custom judul, slug, dan deskripsi
  • Setting Google search console
  • Optimasi media sosial (Facebook, Twitter, dan Pinterest)
  • Import plugin SEO
  • Meta Robot
  • Permalink
  • Breadcrumb
  • Google snippet
  • Sitemap XML

Cara Instal Yoast SEO

Berikut ini merupakan settingan plugin Yoast SEO yang bisa kamu coba, silahkan simak tutorial berikut ini :

1. Pertama kalian instal plugin Yoast SEO , Kamu bisa menginstalnya langsung di wp-admin atau download di wordpress.org . Pada langkah ini kamu telah berhasil menginstal plugin tersebut.

2. Jika sudah silahkan kamu aktifkan plugin Yoast SEOnya. Pada langkah ini plugin Yoast sudah berjalan di website kamu. Namun masih belum ada Settingan khusus.

3. Setelah kamu aktifkan, Kemudian Klik bagian Pengaturan. nantinya saya akan memberikan panduan buat Settingannya.

Disini kamu akan memasuki Setelan umum plugin Yoast SEO. Dimana kamu akan melihat beberapa menu pilihan antara lain : Dasbord, Fitur dan Webmaster Tools.

Cara Setting Yoast SEO

Silahkan ikuti panduan yang akan saya berikan berikut. Caranya silahkan klik bagian dasbor terlebih dahulu. Kemudian klik bagian pemandu konfigurasi. Biasanya para pemula melewatkan settingan ini, Padahal Setelan ini sangat membantu mengidentifikasi website kamu. Oke tahap pertama ialah :

1. Lingkungan

Pada langkah ini kamu diajak untuk menentukan pilihan, apakah situs kamu sudah siap diindex atau masih dalam pengerjaan.

Jika website kamu masih dalam proses perbaikan alangkah baiknya pilih pada Opsi B. Akan tetapi jika website kamu sudah siap untuk di indeks oleh mesin pencari alangkah baiknya pilih Opsi A. Berikut ini merupakan settingan pada website Heripedia.

cara setting yoast seo terbaru

2. Tipe Situs

Untuk langkah ini sangatlah mudah, sebagai blogger alangkah baiknya. Menentukan website kita itu masuk dalam kategori apa. Untuk website Heripedia masuk dalam Tipe situs “Blog”.

Jika website kamu sebuah toko online silahkan pilih Toko daring. Jika website kamu sebuah Portal Berita alangkah baiknya pilih tipe kanal berita. Serta masih ada pilihan lainnya, silahkan pilih sesuaikan dengan website kamu.

3. Organisasi atau Perorangan

Nah iki merupakan salah satu pilihan yang akan kamu jumpai ketika menggunakan Yoast SEO. Silahkan setting Organisasi jika website kamu dikelola oleh banyak orang atau bisa dibilang organisasi.

Namun jika kamu adalah pemilik pribadi dan mengelolanya secara mandiri. Silahkan kamu pilih Opsi Orang. Kemudian pada bagian person silahkan isi dengan Nama kamu sendiri, bisa dengan nama yang lain sesukamu.

4. Keterlibatan di Mesin pencari

Pada langkah ini silahkan kamu setting Ya pada bagian Pos. Dengan ini Postingan kamu dapat terindeks oleh mesin pencari. Kemudian lakukan hal yang sama pada langkah berikutnya. Pada bagian laman pilih Ya agar kamu bisa mengindeks laman di mesin pencari.

setting yoast seo terbaru

5. Banyak Pengarang

Disini saya pilih Tidak, Karena website saya merupakan Blog pribadi yang hanya saya sendiri pengelolanya. Jika website kamu memiliki banyak penulis silahkan klik bagian Ya.

6. Pengaturan Judul

Pada langkah ini kamu bisa mengganti nama websitemu. Serta kamu dapat memilih pemisah judul yang banyak pilihannya. Jika pada Setelan website Heripedia, saya beri nama Heripedia dan bagian pemisah sebuah simbol strip (-)

panduan setting yoast seo terbaru

7. Lanjutkan mempelajari

Pada langkah ini kamu hanya dituntut untuk memasukan email kamu. Supaya kamu bisa mendapatkan pemberitahuan terbaru soal plugin Yoast SEO.

8. Berhasil

Langkah 1 sampai 7 sudah kamu lewatkan dengan mudah. Nah pada langkah kedelapan kamu berhasil melakukan settingan awal plugin yoast seo.

Baca Juga : Cara Membuat Blog dengan Mudah ( Panduan Lengkap )

Cara Settingan Yoast SEO: Fitur dan Tools

Untuk settingan yang lebih mendalam silahkan simak tutorial dibawah ini. Panduan ini merupakan tahap kedua settingan yoast seo.

Mari kita lanjut ya teman – teman karena masih ada banyak settingan Yoast SEO untuk website kamu.

Disini kita akan setting pada bagian Fitur terlebih dahulu bro. Lalu bagaimana sih cara Settingan plugin SEO ini, supaya hasil yang kita dapat optimal. Tenang ya kami akan pandu kamu sampai berhasil dan bisa.

  1. Pertama pada bagian Fitur silahkan klik Aktif
  2. Aktifkan juga pada bagian Analisis keterbacaan, ini bisa membantu kamu agar lebih mudah
  3. Aktifkan bagian konten landasan
  4. Silahkan aktifkan penghitung tautan teks
  5. Aktifkan peta situs xml pada fitur tersebut
  6. Kemudian aktifkan integrasi Ryte
  7. Aktifkan juga bagian menu bar admin, agar bisa mempermudah semuanya
  8. Aktifkan bagian keamanan
  9. Rest API, Head endpoint juga harus diaktifkan.

Nah diatas merupakan settingan plugin Yoast pada bagian Fitur. Mari kita lanjut tutorial ini pada bagian Tools Webmaster.

Pada Webmaster Tools terdapat 4 mesin pencari yang populer antara lain Baidu, Bing, Google, dan Yandex. Nah silahkan masukan kode verifikasi yang ingin kalian buat webmasternya. Untuk saya pribadi hanya mengaktifkan Webmaster Google dan Bing saja.

Caranya cukup mudah kok bro, kamu hanya tinggal klik dapatkan kode verifikasi anda. Nah setelah kamu mengklik nanti akan ada kode yang bisa kamu ambil dan masukan kedalam form atau kotak tersebut. Jika bingung lihat gambar berikut ini agar mudah memahami.

Cara Setting Yoast SEO: Tampilan Pencarian

Pada tahap ini kamu akan dituntun untuk melakukan settingan lebih mendalam plugin yoast ini. Mari kita simak bersama – sama tutorial berikut :

1. Umum

Pada bagian ini sebenarnya hampir mirip dengan langkah pada paragraf awal tadi. Kamu pilih pemisah judul terlebih dahulu, kemudian setting bagian beranda website. Nah settingan ini nantinya akan muncul ketika website kamu ditelusuri oleh mesin pencari.

Setting SEO title : Kamu bisa memasukan secara otomatis dengan cara insert snippet variabel. Kamu juga bisa melakukan settingan manual.

Disini saya memilih menggunakan cara custom yaitu dengan otomatis dan manual. Pertama saya masukan otomatis site title, kemudian separator dan tambahan Jasa Konten berkualitas.

Meta description : pada tahap ini silahkan masukan penjelasan mengenai website agan. Silahkan kamu boleh mencontek punya saya. Namun lebih baik samakan dengan konten yang ada dalam website kamu. Silahkan simak gambar dibawah ini sebagai contoh.

cara setting yoast seo 2020

Knowledge Graph dan Schema.org : silahkan pilih orang jika website kamu dikelola perorangan. Jika dikelola bersama silahkan klik organisasi.

Info personal : Pada bagian ini silahkan masukan nama kamu pribadi. Kemudian kamu juga bisa mengunggah sebuah logo personal atau avatar.

Kemudian klik simpan ya!!!

2. Jenis Konten

Pengaturan untuk URL pos tunggal :

  • Tampilkan pos dimesin pencari pilih Ya
  • Tanggal dalam pratinjau Google pilih sembunyikan.
  • Meta box yoast seo tampilkan.

Seo Title Postingan : Silahkan masukan dengan cara insert snippet variabel, pilih Title, separator, dan site title.

Meta description : Silahkan atur sesuai keinginan kamu, dengan mengatur ini nantinya akan mempermudah pengunjung. Karena visitor terbantu untuk melihat isi artikel kamu secara keseluruhan. Walaupun kamu hanya menuliskan kurang lebih 160 kata didalam box meta deskripsi tersebut.

3. Media

Pada settingan media sudah di sarankan untuk mengatur ke Ya. Pada pilihan Redirect attachment URL to the attachment itself ? Ya

4. Taksonomi

Pada bagian ini silahkan atur seperti gambar berikut ini.

setting yoast seo premium

5. Arsip

Silahkan nonaktifkan pengaturan arsip penulis.

Aktifkan pada Pengaturan arsip tunggal, nakun jangan tampilkan arsip tanggal di hasil pencarian.

Atur seo title arsip seperti berikut ini : Date Page separator site title.

Untuk bagian meta description arsip tanggal silahkan kosongin saja.

Kemudian Setelan Halaman khusus pada arsip. Pada halaman pencari silahkan setting otomatis dengan memasukan kode berikut : Search_query Page Separator Site title.

Pada bagian Halaman 404 silahkan masukan otomatis juga dengan kode : Page not found separator site title.

6. Breadcrumb

Silahkan aktifkan fitur ini, nanti akan secara otomatis terisi semua settingannya.

7. RSS

Pada bagian ini saya pribadi tidak melakukan settingan lebih. Saya biarkan seperti Setelan standartnya saja.

Cara Setting Yoast SEO: Sosial

Silahkan simak baik baik ya, agar kamu bisa melakukannya dengan baik dan benar.

1. Akun

Pada bagian akun saya tidak bisa melakukan settingan. Karena website saya masuk dalam tipe perorangan. Fitur ini bisa diaktifkan jika kamu mensetting menjadi organisasi.

2. Facebook

Aktifkan fitur ini dengan klik Aktif pada meta Open graph Facebook.

Kemudian masukan ID aplikasi Facebook. Selanjutnya Setelan halaman depan, kamu bisa mengunggah gambar. Serta bisa mengisi Judul dan deskripsinya. Kamu bisa mengisi judul dengan nama situs kamu, kemudian deskripsi dengan meta deskripsi blog.

3. Twitter

Seperti Halnya Facebook, Twitter juga settingannya hampir sama ya. Silahkan aktifkan meta open graph twitter. Kemudian pada bagian The default card type to use : pilih ringkasan dengan gambar besar.

Jangan lupa klik simpan ketika sudah melakukan settingan.

4. Pinterest

Sebenarnya 3 settingan 3 media sosial diatas tidak jauh beda. Namun pada Setelan Pinterest sedikit simpel dibanding kedua langkah diatas. Kamu tinggal mengkonfirmasi situs kamu dengan website Pinterest.

Kemudian tambahkan meta tag dari Pinterest tersebut lalu klik simpan.

Setelah melakukan settingan Semoga website kamu akan lebih powerfull lagi di Search engine. Saya pastikan panduan ini akan berhasil dan berguna dengan baik diwebsitemu.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih sudah menyempatkan waktu unutk membaca artikel Cara setting Yoast SEO Terbaru ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat mencoba, Terimakasih 🙂

Satu pemikiran pada “Cara Setting Yoast SEO”

Tinggalkan komentar