Inilah Peran 5 Role User CMS ? Beserta Hak Akses dalam Website

Apa Saja Peran Role User CMS – Beberapa peran yang ada dalam sistem managemen konten akan kami bahas disini. Peran atau Role user yang ada di dalam CMS setidaknya ada 5. Peran – Peran yang ada didalam cms tentunya memiliki tugas dan fungsi masing – masing.

Misalkan untuk mengelola bagian Konten, Bagian SEO, Bagian Administrator, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu CMS seperti WordPress juga menerapkan role – role berbeda. Supaya tugas dari masing – masing role lebih baik dan tidak saling mencampuri satu dengan yang lain.

Misalkan untuk Administrator mereka akan secara luas bisa mengontrol semua lini tanpa ada batasan. Sedangkan Role seorang SEO Manager, Hanya bisa membuat konten dan melihat plugin yang berkaitan dengan SEO Website tersebut. Mungkin kurang lebih seperti itu Peran Role user CMS.

Namun ketika kita menggunakan CMS WordPress Maka Role sudah ada standartnya. Mari kita simak role – role apa saja yang mereka berikan, serta apa saja peran yang mereka ijinkan untuk setiap pengguna.

Baca Juga : Apa Itu CMS dan 8 Platform CMS Paling Populer

5 Peran Role User CMS yang wajib kamu pahami

Bagian – bagian ini memiliki tugas dan kinerja masing – masing sesuai dengan peran yang mereka dapat, dari pada penasaran mari kita simak 5 peran role user cms wordpress dibawah ini ;

1. Administrator

Seoarang Administrator merupakan pengguna paling kuat dibanding semua role. Mereka bertugas mengelola semua lini yang ada dalam website tersebut. Peran Administrator dalam cms sangat vital mereka bisa membuat konten, menghapus konten, serta mengatur pengaturan lainnya tanpa ada batasan.

Administrator merupakan salah satu peran paling utama, karena mereka bisa mengubah tampilan website, menambahkan plugin dan mengajak orang untuk masuk menjadi role baru di website tersebut.

Jadi intinya akan ada role baru yang mengisi website tersebut jika seorang administrator mengijinkannya. Seorang Administrator bisa mengatur user login dan password pengguna role lain. Oleh karena itu sebaiknya untuk bagian admin hanya kalian saja pemilik website, Namun jika kamu memiliki orang kepercayaan ya silahkan saja.

Pada intinya Role dalam sebuah CMS yang paling mendapatkan Tugas mengelola semua konten dan pengaturan website hanya dipegang oleh Administrator.

2. Editor

Role user CMS yang kedua ialah Editor, Sebenarnya tugas dan perannya hampir sama dengan administrator. Namun mereka hanya bisa melakukan tugas seperti mengedit, mengubah, membuat tulisan di website.

Mereka juga bisa menghapus, mengelola komentar, dan mengubah komentar yang masuk ke website.

Ada hal yang mereka tidak bisa lakukan ialah mengubah tampilan seperti tema dan plugin yang sedang digunakan di website tersebut.

Jadi tetap ya seorang Administrator memiliki jabatan paling tinggi dan perannya sangat kuat di website.

3. Author

Seperti namanya seorang role author hanya bisa melakukan tugas menulis, membuat, menghapus konten yang sudah mereka publish. Serta mereka juga dapat melihat komentar yang masuk ke website. Namun mereka tidak mempunyai hak untuk menyetujui, mengedit, dan menghapus komentar tersebut.

Namun seorang Author dapat menambahkan Tag kedalam postingan mereka, Akan tetapi mereka tidak bisa menambahkan Kategori baru dalam postingan atau website tersebut.

Mereka hanya bisa menambahkan kategori yang sudah ada dalam website tersebut. Nah untuk kamu yang menjadi role author siap – siap saja mendapatkan batasan – batasan.

Karena mereka tidak bisa mengganti tampilan tema, menambahkan plugin baru, Intinya itu bukan tugas kamu sebagai Author.

Baca Juga : Apa Itu CMS WordPress dan Kelebihannya ?

4. Contributor

Peran selanjutnya ialah Contributor, Salah satun peran yang hampir mendapatkan batasan pada semua lini. Namun contributor dapat menulis tulisan baru, menambahkan Tag pada postingan tersebut.

Namun pengguna role ini tidak dapat menambahkan kategori baru di postingan mereka, Karena mereka hanya bisa menambahkan kategori yang sudah ada sebelumnya. Satu lagi yang paling vital peran contributor ialah mereka tidak bisa mempublish tulisan mereka dan menambahkan gambar ke postingan mereka.

Contributor juga tidak dapat melihat komentar dan mengatur tampilan layaknya seorang administrator yang memiliki kebebasan di sebuat website.

5. Subscriber

Nah ini merupakan salah satu role user cms yang paling sedikit perannya dalam website. Seorang subscriber hanya dapat masuk ke website tanpa bisa melihat tampilan dalam admin.

Seorang subscriber hanya bisa mengganti tampilan foto mereka, mengganti password mereka sendiri juga bisa.

Seorang subscriber akan ada jika seorang administrator membuka pengaturan pendaftaran pengguna lain. Jika seorang admin menutup pengaturan subscriber maka pengguna yang ingin menjadi subscriber tidak bakalan bisa ada bahkan masuk ke website.

Kesimpulan

Ada setidaknya 5 peran role user cms yang wajib kamu ketahui, Peran tersebut antara lain admin, editor, author, contributor, dan subscriber. Dalam hal ini peran dalam sebuah cms paling utama ialah admin. Serta pengguna paling sedikit berperandalam sebuah website ialah seorang contributor dan subscriber.

Nah Mungkin Itulah sedikit informasi mengenai Apa saja peran dari role user cms dalam website. Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat membedakan tugas pada setiap role yang ada. Terimakasih sudah membaca postingan saya hari ini….

Satu pemikiran pada “Inilah Peran 5 Role User CMS ? Beserta Hak Akses dalam Website”

Tinggalkan komentar